Rossi Kembali Dihantui Dengan Masalah Ban! Mengapa?

Berita MotoGP terkini lagi-lagi Valentino Rossi tidak henti-hentinya dihantui dengan permasalahan ban. Pada balapan di MotoGP Austria, Rossi hanya berhasil finis di posisi tujuh. Rossi mengatakan jika balapan ini sangat berat bagi dirinya dan para pembalap Yamaha lainnya.

Pada balapan di Red Bull Ring Austria, sebenarnya Rossi mengawali balapan dengan cukup kompetitif di depan. Sampai putaran ke 12, reder Yamaha ini masih menempatai posisi empat. Namun kemudian melebar sehingga tercecer ke posisi enam dan akhirnya finis di posisi tujuh.

Meskipun pada awalnya menunjukkan potensi yang bagus untuk besaing di depan, namun Rossi merasa kesulitan memulihkan jarak selepas melebar. Dan ternyata dua pembalap bermesin Yamaha lainnya yang ada di depannya, yakni Johann Zarco dan Maverick Vinales ternyata juga tidak mampu berbuat banyak untuk mendekat ke rombongan terdepan.

Rossi menyebutkan bahwa lagi-lagi hal ini disebabkan karana problem ban belakang. Jadi ternyata tunggangannya yakni YZR-M1 masih saja terlalu menguras ban belakangnya. Sehingga tidak bisa melaju dengan baik.

Dikutip dari GPOne, Rossi mengatakan bahwa ini merupakan balapan yang sangat sulit baik untuk dirinya dan Maverick. Rossi sempat berpikir bahwa motornya lebih cepat namun segala sesuatunya berjalan berbeda. Namun dia tak punya penyesalan.

Bahkan Rossi menambahkan jika harus memulai balapan lagi dalam sejam, Rossi akan menggunakan ban dan juga setelan yang sama. Jadi menurut Rossi, ban belakang hard merupakan pilihan yang sudah benar. Sebab pada 10 lap pertama dirinya merasa bisa melaju dengan kencang.

Namun setelah lap 12 atau 13, performa dari bannya jauh menurun. Motor menjadi susah ditunggangi dan pada akhir balapan Rossi merasa semakin kesulitan. Ban belakang ditekan terlalu banyak dan ini merupakan permasalahan utama yang harus segera diatasi.

Sebenarnya dalam balapan tersebut Rossi memperkirakan bahwa Jorge Lorenzo, Andra Dovizioso, dan Zarco akan menurun pada fase akhir balapan lantaran menggunakan ban belakang soft. Namun ternyata ketiganya bisa mengatur penggunaan ban belakang dengan sangat baik.

Sebenarnya kondisi ini sudah dialami oleh Rossi pada bapalan yang sebelumnya. Namun ternyata problem ban ini belum juga terselesaikan di GP Austria ini. Mari sama-sama kita lihat apakah pada seri MotoGP selanjutnya, berita MotoGP terkini terkait dengan Rossi masih terkait dengan ban belakang ataupun tidak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *