Keunggulan dan Kekurangan Gitar Ibanez

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan gitar merk ibanez. Merk ibanez sendiri diambil dari nama pembuatnya yang berasal dari negara jepang tepatnya dikota nagoya. Ibanez berdiri pada tahun 1957 sebagai anak dari perusahaan hoshino gakki, importir alat musik jepang yang memulai ibanez untuk membuat model dan bentuk variasi sebagai ciri khas. Sejatinya gitar ibanez telah mengadopsi desain milik perusahaan gitar amerika. Seperti gitar ibanez model 2347 sangat mirip dengan gitar gibson model 2351 yang dipakai les paul, dan menjadi perkara. Oleh karena itu perusahaan gitar gibson menuntut perusahaan gitar ibanez dengan tuduhan pelanggaran hak cipta di tahun 1977. Namun anehnya gibson bukan menuntut ibanez karena desainnya yang mirip, melainkan karena desain headstock gita ibanez. Kemudian permasalahan gibson dan ibanez diselesaikan di pengadilan pada tahun 1978. Nah berikut ini adalah keunggulan dan kekurangan gitar ibanez.

#. Cara menyetem gitar agak ribet <kekurangan>

Jika kita hendak melakukan pergantian senar gitar, maka kita harus membuka terlebih dahulu senar lock nya dengan menggunakan kunci L. Butuh pengganjal untuk dibagian trimolo.

#. Banyanknya ibanez tiruan atau palsu <kekurangan>

Banyaknya gitar ibanez tiruan, seperti Kw 1 dan Kw 2, biasanya jika salah satu senar ada yang putus, maka akan mengganggu pada saat penyeteman gitar dan menghasilkan nada nada gitar yang fals.

#. Tremolo Up down <keunggulan>

Gitar ibanez memiliki tremolo up down bisa id pake whammy. Joe satriani dan steve vai adalah pemain gitar ibanez tremolo up down.

#. Bisa menggunakan senar yang putus <keunggulan>

Jika salah satu senar ada yang putus di bagian ujung, maka senar putus tersebut dapat di pergunakan kembali.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai keunggulan dan kelemahan dari gitar ibanez, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *