4 Aturan Dasar Modifikasi Pada Motor


Ada aturan dasar saat kita hendak melakukan modifikasi motor mio. Sama seperti jenis motor-motor yang lain, ketika kamu ingin mengubahnya atau menambahkan aksesoris tertentu, kamu harus memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku. Ketentuan hukum, khususnya dalam Undang-Undang No. 22 tahun 2009 secara limitatif sudah dijelaskan mengenai bagian-bagian apa saja yang boleh dimodifikasi dan yang tidak.

Sepertinya terdengar membatasi, padahal kalau kita cermati ketentuanya ruang kreativitas kamu sama sekali tidak dibatasi. Apalagi tujuan diadakanya hukum tertulis semacam itu untuk menjamin nilai kepastian hukum.

Aturan Dasar Modifikasi Motor Mio

Polisi sebagai ujung tombak penegakan hukum lalu lintas adalah pihak yang dibebani hukum ini. Nah biar kamu tidak melanggar ketentuan hukum, kamu harus pahami terlebih dahulu beberapa aturan dasar dalam modifikasi motor mio yang diatur oleh pemerintah. Yaitu:

  1. Tidak mengubah warna dasar

Warna dasar adalah warna yang disebutkan dalam surat-surat kendaraan bermotor. Kamu boleh melakukan modifikasi sepanjang tidak mengubah warna dasarnya. Jika warna dasarnya kamu ubah, motor akan kehilangan identitasnya. Implikasinya kamu harus membuat STNK yang baru. Ribet bukan? Jadi jangan ubah warna dasarnya.

  1. tidak menambah lebar kendaraan

Mentang-mentang ingin melihat motor kamu seperti moge, kamu lantas mengubah bagian stang kamu menjadi super lebar. Padahal modifikasi dimensi hanya bole silakukan pada bagian perpanjangan dan pemendaekan saja. itupun dengan catatan tidak mengubah sumbu dan konstruksi kendaraan.

  1. Tidak memodifikasi bagian yang bisa menimbulkan bahaya

Kendaraan memiliki beberapa bagian yang tidak bisa diubah apalagi diganti. Seperti misalnya kaca spion, lampu, dan knalpot. Kalaupun kau ubah, harus tetap standar. Juga untuk kaca spion, tida boleh hanya kamu pasang salah satunya saja. kamu harus memasang keduanya.

  1. mengganti mesin

Mesin tidak boleh diganti dengan merek atau tipe yang berbeda. Kalau dengan merek dan tipe yang sama masih boleh. Jadi kamu masih bisa menggatinya dengan mesin yang lebih baru.

Aturan mengenai modifikasi motor mio di atas hanya berlaku untuk transportasi. Kalau untuk kontes sah-sah saja kamu langgar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *